Pages

Jumat, 21 September 2012

Cara Instalasi Windows . Lengkap Gambar !! ^_^


Ariera , 20 _ 09 _ 2012

Berikut ini saya akan mencoba sharing mengenai bagaimana caranya menginstall Windows pada komputer Anda, Windows XP merupakan system pengoperasian (operating system) paling utama pada komputer, bahkan Windows merupakan OS pertama kali yang dikeluarkan perusahaan Microsoft sebelum akhirnya muncul OS (operating system) yang lain seperti Linux.

Jika Anda sudah mempunyai komputer sendiri dirumah dan siapa tau pas kebetulan OS (operating system) Anda kena virus atau mungkin pas kebetulan lagi error (system corrupt) dan komputer tidak mau booting masuk ke Windows yang mengakibatkan komputer Anda tidak dapat dioperasikan, maka salah satu jalan yang harus ditempuh adalah menginstall ulang (reinstall) kembali komputer Anda.

Untuk melakukan penginstalan Windows XP sebetulnya sangat mudah namun diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya karena memerlukan waktu yang cukup lama. Ada beberapa jenis Windows XP diantaranya Windows XP Home Edition, Professional dan masih banyak lagi.

Berikut ini langkah-langkah cara menginstal Windows XP, menginstall Windows XP pada komputer baru maupun install ulang pada komputer yang error tidak jauh berbeda, hanya bedanya jika yang di install komputer baru maka kita harus membuat partisi pada Hard Disk baru tersebut, terserah mau di partisi menjadi berapa tergantung Anda, bisa menjadi 2 atau 3 partisi, namun jika hanya menginstall ulang tidak perlu lagi membuat partisi hard disk dan langsung kelangkah format disk.

Note : saya menyarankan jika Anda menginstall ulang, sebaiknya back-up terlebih dulu file-file penting yang sebelumnya Anda simpan pada Drive C untuk di pindah ke Drive D, karena Drive C (Lokak disk C) merupakan local system atau tempat menginstall Windows tersebut, jika Anda tidak mem-backup file tersebut maka saat dilakukan format disk file-file Anda akan terhapus secara permanent.
Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan CD WINDOWS XP (Oops … jika tidak punya yang Oryginal yang bajakan juga boleh dech, asalkan tidak untuk usaha Warnet maupun perusahaan … whehehe )

2. Nyalakan komputer Anda.

3. Masuk ke system bios (Bios Setup Utility) terlebih dulu untuk mengatur prioritas bootingnya dimulai dari CD atau DVD ROM/RW dengan cara menekan beberapa kali tombol Del, atau F1, atau F2 juga bisa.
Pilih menu “Boot” kemudian tekan tanda panah arah bawah (PageUp/PageDown) untuk memilih “Boot Device Priority” lalu ubah pengaturanya agar CD atau DVD ROM/RW menjadi urutan yang pertama, dan masukkan CD Windows lalu restart komputer Anda.

4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD …." seperti tampak pada tampilan gambar di bawah ini : 
5. Tekan ENTER atau sembarang tombol pada keyboard Anda, lalu tunggu proses instalasi yang kemudian akan membawa kita pada jendela "windows setup" seperti gambar dibawah ini : 
6. Tunggu hingga file-file yang ada dalam CD akan di upload ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup" seperti tampak dalam gambar berikut ini : 
7. Untuk tahap berikutnya perhatikan perintah yang diberikan yaitu tekan "ENTER" untuk mulai menginstal, atau "R" untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, atau "F3" untuk keluar dari proses instalasi, jika kita memilih untuk langsung menginstall maka tekan ENTER dan akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini : 
8. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda, kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda, seperti gambar di bawah ini : 
9. Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows, atau "C" untuk membuat partisi hardisk anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol "C", maka akan muncul gambar seperti di bawah ini : 
10. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40 GB, lalu anda ingin membagi dua, maka tuliskan 20000, karena partisi satuannya MB, 1GB = 1000 MB. 11. Kenudian tekan "ENTER" maka akan muncul gambar seperti dibawah ini : 
12. kemudian pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system" lalu tekan "ENTER" perhatikan gambar di bawah ini : 
13. Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C" maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "ENTER" namun jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya tinggal di bagi lagi, seperti langkah-langkah sebelumnya,

setelah selesai mem-partisi ketika anda menekan "ENTER" seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar seperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisi C: partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka anda tinggal menekan "ENTER" saja untuk proses instalasi windows, kemudian akan muncul proses format seperti gambar di bawah ini : 
14. Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini : 
15. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart, untuk mempercepat proses restart, anda bisa langsung menekan "ENTER", 
16. Setelah computer restart dan kembali nyala Anda akan dibawa ke layar seperti semula (lihat gambar dibawah ini) : 
Dan jangan lakukan apapun sampai Anda dibawa pada proses instalasi lebih lanjut, yaitu proses loading windows seperti gambar berikut ini : 
17. Selanjutnya proses instalasi windows segera kita mulai, pada tahap berikut ini kita tinggal menunggu saja, perhatikan layar di bawah ini : 
18. Menunggu memang membosankan, betul tidak? ….. nah agar Anda tidak jenuh saya sarankan untuk beranjak sebentar sambil menunggu proses selanjutnya dengan membuat secangkir Kopi atau Teh yang dapat menyegarkan suasana, diperbolahkan juga sambil mendengarkan MP3 tentunya, …… 19. Jika sudah muncul layar seperti berikut langsung klik "NEXT", untuk melanjutkan proses installasi. 
20. Isi nama dan organisasinya, terserah Anda ... lalu tekan "NEXT" kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini : 
21. Masukan CD Key (serial number), perhatikan betul jangan sampai salah mengetik, kemudian tekan "Next" selanjutnya akan muncul layar administrator, terserah Anda mau di kasih nama apa, sedangkan untuk perintah pengisian password bisa di abaikan dulu, lalu tekan "Next", dan akan muncul layar Date and Time Setting seperti gambar di bawah ini, Anda tidak perlu merubah setting tanggal dan jam-nya namun cukup klik atau kasih tanda centang pada kotak “Automaticaly bla … bla … bla … (karena setting jam dan tanggal bisa kita lakukan setelah installasi), lalu tekan “Next”. 
Okey, tunggu hingga proses installasi selesai 
22. Setelah menunggu sekian lama ,.... sampai kita pada tahap berikutnya pilih “Typical Settings” lalu tekan Next, perhatikan gambar di bawah ini 
23. Selanjutnya akan muncul layar work group or komputer Domain,seperti gambar di bawah ini 
24. Jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan "Next" 25. Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik "OK" 
26 Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, Klik "OK" untuk melanjutkan. 
27. Proses instalasi hampir selesai, selanjutnya akan muncul loading Windows seperti gambar di bawah ini 
28. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan "Next" 
29. Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next" 
30. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih "Yes" lalu tekan "Next" 
31. Selanjutnya akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, lalu tekan "Next" 
32. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik "Next" 33. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik "finish", maka proses instalasi selesai 
34. Proses installasi sudah selesai.... kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini 
35. Untuk lebih mengoptimalkan komputer Anda dibutuhkan Driver semisal Audio sound Card dsb, serta beberapa Software pendukung lainnya yang perlu Anda install antara lain :

1. Adobe Flash Player 10 ActiveX
2. Adobe Flash Player Plugin
3. Adobe Reader X
4. AntiVirus
5. Java
6. K-Lite Video Codec
7. Microsoft Office
8. Google Chrome (web browser cepat dan aman)
9. Winamp (mp3 player)
10. Winrar (4.00-32bit)
11. Yahoo Massenger

Dari 11 item software diatas perlu anda install agar komputar benar-benar siap digunakan.
Ok gan ! … jika Anda punya problem pada komputer hingga butuh reinstall windows bisa segera praktek sendiri .
Selain Praktek Sendiri Bisa Juga Buat 100 Rebu Gan 

0 komentar:

Poskan Komentar